counter

Kelebihan dan kekurangan realme C20 – Mirip tapi tak sama dengan pendahulunya | azltron.com

realme-C20-Fitur

Gdgetren – April lalu, sederet ponsel baru lahir ke pasar Indonesia.

Dua model yang paling menarik perhatian adalah Real 8 dan 8 Pro. Nama terakhir bahkan berhasil menyandang gelar Pilihan Editor versi Azltron.

Selain kedua produk tersebut, ada juga trio perangkat baru yang diincar akan merajai pasar yang lebih ramai dan semuanya berasal dari seri C termasuk realme C25, C21, dan C20.

Realme C20 menjadi sebutan yang paling mudah dijangkau para pemburu perangkat irit dengan harga yang dipatok hanya Rp. 1.299.000 untuk satu varian memori yang tersedia.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari realme C20? Artikel ini juga diterbitkan untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Keunggulan realme C20

Keunggulan realme C20

Konsumen di kelas harga 1 jutaan umumnya paham bahwa terlalu banyak menuntut fitur terbaru. Namun, masih ada beberapa aspek yang berhak mereka tanyakan seperti baterai berkapasitas besar yang mampu bertahan dari pagi hingga malam.

BACA JUGA  Huawei dan ZTE tidak berpartisipasi dalam uji 5G di India | azltron.com

Realme C20 merupakan salah satu ponsel dari Realme yang mengusung baterai 5.000 mAh. Bahkan realme pihaak mengklaim baterainya mampu bertahan hingga 43 hari dalam mode standby.

Jika diperlukan, Realme C20 juga dapat bertindak sebagai donor daya darurat untuk perangkat lain berkat dukungan pengisian baliknya. Fitur ini juga sangat berguna bagi Anda yang memiliki gadget wearable.

MediaTek Helio G35 kembali dipilih menjadi penggerak performa ponsel ini. Meski sudah banyak diadopsi oleh ponsel realme lain (realme C11, C15, C12, dan C21), setidaknya chipset tersebut termasuk dalam seri G.

Chipset yang dibangun dengan teknologi 12 nm ini masih cukup baik untuk menjalankan game-game ringan populer seperti Mobile Legends: Bang-Bang, Free Fire, atau Among Us.

Seperti biasa, sektor penyimpanan internal ponsel entry level ini hanya menyediakan kapasitas 32GB. Jika masih kurang (dan saya yakin sudah pasti terasa kurang bagi kebanyakan orang), Anda bisa menyiasatinya dengan memasukkan kartu memori eksternal di slot khusus yang disediakan.

BACA JUGA  Sah, Gojek dan Tokopedia Bergabung Menjadi GoTo Group | azltron.com

Mengenai layarnya, saya rasa tidak ada kejutan apapun. Namun layar beresolusi HD + 6,5 inci ini menawarkan rasio screen-to-body (diklaim) sebesar 89,5 persen yang terbilang lega di kelasnya. Desain Geometric Art juga dipilih untuk mempercantik area belakang.

8MP untuk kamera belakang bukanlah resolusi tinggi sama sekali. Namun mengingat lagi masalah harga, konsumen tetap harus menerima. Apalagi kamera ini sudah mendukung fitur Night Mode yang belum tentu dimiliki ponsel lain.

Realme C20 dijual di Indonesia dengan harga Rp 1.299.000 dan tersedia dalam dua varian warna yaitu Iron Grey dan Lake Blue.

Kekurangan ranah C20

Kekurangan ranah C20

Spesifikasi utama untuk realme C20 sebenarnya bagus. Namun jika dibandingkan dengan ponsel realme yang sudah ada sebelumnya pasti setuju dengan pendapat saya bahwa realita C20 sedikit kurang meyakinkan.

BACA JUGA  Semua game Nintendo Switch yang mendukung backup untuk menyimpan data

Baterai besar 5.000 mAh terasa belum lengkap tanpa teknologi fast charging. Kondisi ini juga tidak terbantu dengan port isi ulang yang masih berupa Micro USB.

Lebih lanjut, keputusan Realme untuk hanya menyertakan RAM 2GB di produk ini bahkan mungkin menjadi kendala bagi pengguna yang gemar membuka berbagai aplikasi secara bersamaan.

Bandingkan dengan Redmi 9C. Dengan harga yang tidak terpaut jauh, Redmi 9C menawarkan RAM 3GB, sensor kamera utama 13MP ditambah dua sensor sekunder, serta sensor pemindai sidik jari.

Last but not least adalah fakta bahwa sistem operasinya masih Android 10. Jadi konsumen realme C20 harus mewaspadai kepastian OS untuk ponsel ini di masa depan. Apakah Anda akan mendapatkan pembaruan atau mungkin hanya itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *