counter

Kabel Bawah Laut Telkom Terputus, Layanan Telekomunikasi Papua Terganggu | azltron.com


Suara.com – Layanan telekomunikasi di sejumlah wilayah di Papua terganggu sejak Jumat malam (30/4/2021) setelah kabel laut Telkom terputus, demikian laporan kantor berita Antara.

Kepala PT. Telkom Papua Sugeng Widodo mengakui jaringan telekomunikasi di tiga kabupaten dan kota di Papua terganggu akibat terputusnya kabel optik bawah air.

“Memang benar sekitar pukul 21.30 WIB, kabel optik bawah laut antara Sarmi-Biak terputus sehingga mengakibatkan gangguan telekomunikasi. Kami mohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini,” kata Sugeng, Sabtu (1/5/2021).

Tiga kabupaten dan kota yang layanan telekomunikasi terputus akibat terputusnya kabel bawah laut adalah Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Sarmi.

BACA JUGA  Eksklusif: Harga Realme Buds Q2 di India bocor melalui kotak ritel | azltron.com

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sebagian layanan telah dialihkan ke satelit namun belum maksimal. Saat ditanya tentang upaya perbaikan, Sugeng mengaku diperkirakan bisa bertahan hingga satu bulan.

“Namun, perbaikannya diharapkan bisa lebih cepat,” harap Sugeng Widodo.

Ini bukan kali pertama kabel bawah laut Telkom di sekitar Sarmi diputus. Pada Juli 2015, permasalahan yang sama terjadi dan akibatnya layanan telekomunikasi di Jayapura, Wamena dan Keerom terganggu. Kabel bawah laut Telkom di dekat Sarmi pada tahun 2015 akibat gempa bumi.

Baca juga:
May Day Action di Kedubes AS, 15 Mahasiswa Papua Diangkut ke Polda Metro Jaya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *