counter

Counterpoint: Mediatek akan mempertahankan tempat pertama di pasar chip untuk tahun 2021 | azltron.com

Counterpoint Research memprediksi dalam analisis terbarunya bahwa produsen chip seperti Mediatek dan Qualcomm akan terus mendominasi pasar. Perusahaan menghitung bahwa Mediatek akan menguasai 37% pasar chip global, tetapi Qualcomm akan tetap menjadi pemimpin dalam 5G.

Pangsa pasar global smartphone SoC
Pangsa pasar global smartphone SoC

Proyeksi untuk kalender 2021 menunjukkan bahwa Mediatek akan mendapatkan keuntungan atas Qualcomm karena keterbatasan pasokan di sekitar RFIC (Sirkuit Terpadu Frekuensi Radio) dari pabrik Samsung di Austin, Texas. Ada juga hasil 5nm yang lebih kecil secara keseluruhan, yang bahkan tidak digunakan Mediatek, jadi itu bukan keuntungan Qualcomm.

Pecundang terbesar dalam perlombaan ini adalah HiSilicon, yang secara de facto akan dikeluarkan dari Top 5 dan digantikan oleh Unisoc – sebuah perusahaan China yang terkenal dengan chipsetnya yang terjangkau.

BACA JUGA  Google memperkenalkan fitur asisten berorientasi keluarga baru | azltron.com

Pangsa pasar 5G untuk smartphone SoC
Pangsa pasar smartphone SoC 5G

Pasar 5G terlihat sedikit berbeda – chip 5G khusus menjadi semakin populer, ungkap para analis. Qualcomm akan dapat pulih dengan kuat pada paruh kedua 2021 setelah kemacetan produksi teratasi.

Namun, pertarungan untuk tempat pertama akan menjadi lebih sengit dari sebelumnya, karena ekspektasi bahwa 3 pemain teratas akan memiliki sedikit kemenangan atas satu sama lain dalam hal pangsa pasar.

Apalagi, sekitar 9 dari 10 smartphone dengan teknologi 5G akan ditenagai oleh chipset Qualcomm, Apple atau Mediatek, mengungguli pesaing lain seperti Samsung dan chipset Exynos-nya.

Sumber

Source Gsm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *