counter

Test Drive Mazda CX-5 | azltron.com

Keuntungan

Mesin bertenaga, konsumsi bahan bakar, model yang menarik, fitur pemantauan ambien, konektivitas dan multimedia

Kekurangan

Akomodasi tidak sebesar rival, harga tertinggi, bukan navigasi

Kondisi Tes

Waktu: 09-Mei-2015 10:55
Permukaan Jalan: Aspal
Cuaca cerah
Beban Penumpang: 68 Kg
Bahan bakar: 50%
Tekanan Ban Depan: 34 psi
Tekanan Ban Belakang: 34 psi
Suhu udara: 29 ° C

Saat efisiensi bahan bakar dirasa sudah biasa, New Mazda CX-5 kembali hadir dengan standar fitur keselamatan yang lebih tinggi di kelasnya.

Jika disebut facelift, tentunya Mazda CX-5 terbaru ini memang cukup tepat. Masalahnya, tampilan baru itu dibarengi dengan berbagai fitur tambahan yang tak hanya membuat lebih nyaman, tapi juga lebih aman.

Desain utamanya tetap mengandalkan model sebelumnya, hanya saja bagian mukanya kali ini terlihat lebih garang dengan desain gril yang besar dan lampu seperti mata elang yang siap menerkam. Jika melihat model Mazda lainnya, sepertinya menjelaskan garis keturunan yang memiliki kemiripan wajah. Memang desain KODO menjadi acuan standar untuk setiap model Mazda saat ini.

Lampu eagle eye bukan sekedar hiasan, karena dengan desain baru ini dilengkapi dengan fitur Adaptive LED Headlight baru, yang mampu ‘membaca’ mobil dari arah berlawanan dari Forward Sensing Area pada kaca depan. Seketika berkas cahaya tersebut akan mengurangi penyebaran sinarnya agar tidak menerangi mobil dari arah berlawanan.

BACA JUGA  Almaz RS 7 Seater Terbaru Bisa Jadi Idola Baru, Simak Skema Angsuran Ringannya | azltron.com

Sedangkan lampu belakang hanya menggantikan desain dengan tampilan balok melengkung. Namun cukup terang dan sangat jernih, sehingga orang yang berada di belakang akan dengan mudah ‘berkomunikasi’ melalui lampu belakang Mazda CX-5 ini.

Fitur baru lainnya adalah Driver Attention Allert yang mampu membaca rambu-rambu pengemudi saat berkendara. Masih menggunakan sensor mirip lampu, akan membaca arah mobil setiap 2 jam berkendara sejak pedal rem terakhir kali diangkat. Ketika arah dan kecepatan terus berubah, maka akan muncul gambar secangkir kopi yang artinya pengemudi harus istirahat. Fitur ini sudah ada di beberapa mobil kelas premium beberapa tahun lalu.

Masih menggunakan Forward Sensing Area, sistem akan menjaga pengemudi di jalur, dengan Lane keep Assist System, sensor akan membaca arah mobil dengan garis jalan. Saat terjadi perubahan arah, roda kemudi akan sedikit bergetar dan roda kemudi akan bergerak sendiri mengarahkan arah kembali ke lintasan.

Mazda CX-5 memang mengutamakan keselamatan berkendara. Bantuan lainnya adalah melalui Smart City Brake Support, yang membantu Anda mengerem saat terlalu dekat dengan benda di depan atau di belakang saat parkir.

BACA JUGA  Hati-Hati! Roket China Akan Jatuh ke Bumi, Berpotensi Menabrak Daerah Berpenduduk | azltron.com

Namun sayang, untuk jalan yang sering macet dan macet seperti Jakarta, beberapa fitur tersebut belum tentu digunakan semua. Saat bepergian ke luar kota di jalan yang sepi, maka fitur ini bisa dioptimalkan.

Mengendarai Mazda CX-5 baru tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Dengan spesifikasi yang sama, tarikan dan konsumsi bahan bakarnya tetap sama dengan CX-5 sebelumnya.

Dengan bantuan i-Stop yang tidak membiarkan mesin idle terlalu lama, konsumsi bahan bakar dalam kota bisa mencapai 10,3 km / l sedangkan di jalur tol mengkonsumsi bahan bakar 15,2 km / l.

Namun ada yang menarik yaitu MZD Concept yang digunakan untuk mengatur berbagai hal. Mirip dengan Audi’s iDrive atau MultiMedia Interface. Dengan memutar dan menekan tombol, semuanya dapat diatur dengan mudah dengan tetap memperhatikan layar monitor.

Konsol lantai merumahkan perangkat baru, selain Konsep MZD, yaitu rem parkir. Cukup seret untuk mengaktifkan rem parkir. Saat melepasnya, tinggal tekan tombolnya atau saat pedal gas ditekan.

Berada di dalam kabin CX-5, menyediakan ruang yang cukup untuk lima orang dewasa. Ruang kaki dan ruang kepala lega, bahkan bagasi juga mampu menampung barang yang cukup banyak. Namun fesesnya tetap terasa keras, meski kesan mewah dengan balutan kulit cukup memanjakan mata.

BACA JUGA  Cicilan Wuling Almaz PRO Tipe Tertinggi Hanya Rp. 14 Juta, Ketahui DP Awal | azltron.com

Suasana di dalam kabin Mazda CX-5 tidak menyiratkan mobil dari negeri Matahari Terbit, melainkan lebih mirip mobil Eropa. Desain bagus, pengoperasian tombol dan panel di dalamnya.

Kesimpulan

Meski disebut facelift, Mazda CX-5 memiliki banyak fitur tambahan di dalamnya. Memang tampilan yang paling terlihat ada di bagian depan, sementara hanya sedikit di belakangnya, sesuai dengan namanya facelift. Dengan fitur baru ini, CX-5 telah mengungguli para pesaingnya. Sama seperti varian Mazda lainnya, warna ‘Red Soul Color’ dijual dengan harga lebih mahal.

Saingan

Honda CR-V 2.4 Prestige CVT Rp 477.500.000

Data dan Spesifikasi Uji Mazda CX-5
(2015)

Untuk melihat data pengujian kami pada mobil ini, silahkan pilih varian yang diinginkan:

Varian Spesifikasi Harga
  • Mesin: 4 Silinder, 2488 cc
  • Transmisi: 6 percepatan otomatis
  • Berkendara: Penggerak Roda Depan
  • 0-100 km / jam: 12,40 detik

Rp 495.300.000

  • Mesin: 4 Silinder, 1998 cc
  • Transmisi: 6 percepatan otomatis
  • Berkendara: Penggerak Roda Depan
  • 0-100 km / jam: 9,40 detik

Rp 403.200.000



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *