counter

Polda Metro Jaya Lakukan Razia Knalpot Bising, Tenang di Bulan Ramadhan | azltron.com

Suara.com – Selama bulan puasa Ramadhan dalam kondisi pandemi Covid-19, tingkat ketenangan yang tinggi semakin diharapkan. Agar aktivitas sholat, buka puasa, hingga waktu subuh tanpa terganggu oleh suara syal ratapan, peran Polri selalu ditunggu. Yakni operasi menindak pengguna sepeda motor dengan knalpot yang berisik.

Dikutip oleh kantor berita Antara dari akun Indonesia resmi TMC Polda Metro JayaJajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan razia terhadap sepeda motor yang bising atau tidak memenuhi standar spesifikasi.

Lokasi tersebut merupakan sejumlah titik di DKI Jakarta yang berlangsung pada Selasa (4/5/2021) malam, dan Rabu (5/5/2021) pagi untuk menjaga ketenangan bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA  MG Care Siaga Tetap Buka Saat Lebaran, Catat Tanggal Layanan | azltron.com
Polda Metro Jaya mengamankan sejumlah kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi STNK dan pelat nomor saat razia Operasi Keselamatan Jaya 2021 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (18/4/2021).  Antara / Fianda Sjofjan Rassat
Polda Metro Jaya mengamankan sejumlah kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi STNK dan plat nomor saat razia Jaya Safety Operation 2021 di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Sebagai ilustrasi [Antara/Fianda Sjofjan Rassat]

Laporan Polda Metro Jaya melalui akun Indonesia Pejabat TMC Polda Metro Jaya mengatakan, penggerebekan terhadap pelanggar norma pencemaran suara dilakukan di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bundaran Senayan, dan sekitar kawasan Monas.

Baca juga:
Identitas Baru, Rolls-Royce Mereset Butik di London dan Shanghai

Aparat Ditlantas langsung menilang pengendara motor yang kedapatan menggunakan knalpot berisik atau tidak memakai helm.

Di Gambir, aparat kepolisian juga melakukan pengamanan untuk mengantisipasi adanya balapan liar, mengingat di sekitar kawasan Monas, sejumlah sepeda motor kerap dijadikan lintasan balap cepat.

Meski sedang dalam situasi pandemi Covid-19, aksi balapan liar ini kerap dijadikan tontonan anak muda yang berkumpul di depan Stasiun Gambir hingga dini hari.

BACA JUGA  Inilah empat hal sepele yang dapat Anda lakukan saat terjebak kemacetan | azltron.com

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menginstruksikan jajarannya untuk terus melakukan razia terhadap bising knalpot demi ketentraman dan kenyamanan masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

“Razia ini akan terus kami adakan agar suasana Jakarta pada malam hari asri dan tenang. Jika kita istirahat dalam keadaan tenang akan berbeda. Kalau kita sholat tanpa suara knalpot yang berisik juga akan berbeda,” tuturnya. Kapolda Metro Jaya.

Baca juga:
Tips Ngabubu: Jangan Cuma Pacar, Rem Sepeda Motor Perlu Perawatan Agar Awet

Jika masih nekat menggunakan knalpot yang tidak memenuhi standar sehingga menimbulkan polusi suara, aparat akan mengenakan denda tiket sebesar Rp 250 ribu. Pelanggar dapat dikenakan Pasal 285 Undang-Undang Lalu Lintas.

BACA JUGA  Makin murah, keempat HP Xiaomi itu turun harganya hingga Rp. 500 ribu | azltron.com

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah diatur tingkat kebisingan knalpot kendaraan bermotor di dalam negeri. Ambang batas kebisingan kendaraan bermotor juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *