counter
Baru ….. Insentif Kartu Prakerja Dipakai untuk Beli Bahan Pangan hingga Paket Internet(1)
Baru ….. Insentif Kartu Prakerja Dipakai untuk Beli Bahan Pangan hingga Paket Internet(1)

Baru ….. Insentif Kartu Prakerja Dipakai untuk Beli Bahan Pangan hingga Paket Internet

altron.com – Manajemen Pelaksanaan (PMO) Program Kartu Pra-Kerja menunjukkan bahwa insentif kartu pra-kerja digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta. Hal ini terlihat dari hasil survei evaluasi yang dilakukan oleh kartu pra kerja PMO. Denni Puspa Purbasari, Direktur Pelaksana Program Kartu Pra Kerja PMO, mengatakan insentif sebagian besar digunakan peserta untuk memenuhi kebutuhan pangan. Menurut catatan, 95% peserta survei mengatakan ini.

Denni menyebut “Program Kartu Pra Kerja” yang dilaksanakan sejak merebaknya pandemi Covid-19 ini memiliki dua fungsi utama, yakni meningkatkan keterampilan peserta dan membantu daya beli masyarakat yang terkena pandemi. Ia mengatakan dalam rapat kerja yang digelar dengan Panitia IX DPR RI, Selasa (16/3/2021), “Dari hasil survei terlihat 95% digunakan untuk makanan.”

Selain untuk makanan, hasil survei juga menunjukkan bahwa 74% penerima reward menggunakannya untuk membayar tagihan listrik atau air, 70% di antaranya untuk mendapatkan tambahan modal usaha, dan 64% penerima memanfaatkannya untuk membeli bensin. Atau solar, 61% dari mereka yang menerima hadiah menggunakan paket Internet. “Program Kartu Pra-Kerja” PMO menunjukkan bahwa sejauh ini, sekitar 5,5 juta peserta telah termotivasi, terbagi menjadi 5,32 juta penerima pada tahun 2020 dan 269.000 penerima pada tahun 2021.

Kemudian, jumlah total insentif yang dialokasikan sebesar Rp 13,5 triliun.Pada tahun 2020 akan disediakan Rp 13,36 triliun untuk peserta kartu prakerja, dan pada tahun 2021 telah dikeluarkan Rp 161 miliar.

BACA JUGA  Hore..... Alumni Kartu Prakerja Dapat Bantuan Lagi, Jokowi: Kartu Prakerja Disiapkan untuk Semua Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *