counter

Info Terbaru CPNS 2021/PPPK, Lengkap dengan Tahapan dan Panduan Cara Cek Formasi, Jangan Terlewat!

Anda calon peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021? Sudahkah Anda menyiapkan berkas guna melengkapi pendaftaran? Bagi Anda yang belum, sebaiknya sesegera mungkin melengkapinya. Sebab, penerimaan CPNS 2021 akan segera dimulai di bulan Maret mendatang. Informasi terkini, Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian PAN RB Andi Rahadian mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses validasi pemerimaan CPNS tahun 2021.

“Saat ini kami masih dalam tahapan validasi proses penerimaan CPNS/PPPK untuk formasi tahun 2021,” kata Andi seperti yang dikutip Tribun Jogja dari Tribunnews. Pihaknya menyatakan waktu pembukaan pendaftaran akan dibuka mulai pertengahan bulan Maret 2021. “Diperkirakan pertengahan bulan Maret 2021 akan ada pengumuman lebih lanjut mengenai proses penerimaan CPNS/PPPK formasi tahun 2021,” tambahnya.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Memilih Formasi Jabatan di CPNS 2021, Ini Daftar Tips dan Triknya

Andi menambahkan jika jumlah formasi yang dibuka sebanyak 500 ribu untuk rekrutmen guru PPPK/P3K. “Terdapat usulan formasi sebesar sekitar 500.000 yang tersebar di lebih dari 420 pemprov/pemkab/pemkot di Indonesia,” ungkapnya. Lantas, bagaimana cara untuk mendaftar CPNS 2021? Simak panduan dari Tribun Jogja: Pihaknya menyatakan waktu pembukaan pendaftaran akan dibuka mulai pertengahan bulan Maret 2021.

BACA JUGA  Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 akan Segera Dibuka, Ini Berkas Dokumen yang Harus Disiapkan

“Diperkirakan pertengahan bulan Maret 2021 akan ada pengumuman lebih lanjut mengenai proses penerimaan CPNS/PPPK formasi tahun 2021,” tambahnya. Andi menambahkan jika jumlah formasi yang dibuka sebanyak 500 ribu untuk rekrutmen guru PPPK/P3K. “Terdapat usulan formasi sebesar sekitar 500.000 yang tersebar di lebih dari 420 pemprov/pemkab/pemkot di Indonesia,” ungkapnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mendaftar CPNS 2021? Simak panduan dari Tribun Jogja: Lalu, akses laman web resmi CPNS dan lakukan pendaftaran, silahkan ikuti sesuai juknis yang ada.

1.  Anda harus pilih menu registrasi SSCASN BKN lalu kunjungi menu pendaftaran akun. Ikuti langkah-langkahnya dan isi semua data dengan data yang sesuai berkas Anda. Setelah semua terpenuhi, Anda resmi menjadi peserta seleksi CPNS 2021. Ingat ya, untuk mendaftar CPNS 2021 harus dari sumber web resminya.

3. Login menggunakan nomor NIK dan password yang sudah didaftarkan

4. Lengkapi biodata

Anda wajib melengkapi biodata diri agar mudah untuk dicari panitia seleksi CPNS.

5. Lengkapi data

Selain biodata, data umum juga harus Anda lengkapi agar terbaca oleh komputer.

6. Cetak kartu pendaftaran

Jangan lupa untuk cetak kartu pendaftaran sebagai bukti Anda sudah mendaftar CPNS dan siap mengikuti tes lanjutan.

7. Pengumuman seleksi administrasi

Nah, di tahap ini, ada bisa melanjutkan ujian lain! Jika Anda lolos seleksi, selamat ya!

Perhatikan baik-baik sebelum peserta memilih jabatan di formasi CPNS, sebab ini akan berpengaruh terhadap tingkat kesulitan yang dihadapi saat Anda melakukan seleksi. Oleh karena itu, sebaiknya pahami dulu formasi apa yang harus diambil dan perhitungkan peluangnya.

BACA JUGA  Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Formasi & Syaratnya!

Untuk itu setelah melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda sering memantau web SSCASN BKN. Biasanya disini akan diupdate informasi seperti formasi, jadwal ataupun hal-hal yang berkaitan dengan seleksi CPNS 2021 lainnya. Memang tahun ini formasi yang dibuka berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurut, Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko mengatakan formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan tidak jauh dari bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *