counter

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Catur atau disebut dengan chess dalam bahasa Inggris merupakan sebuah olahraga asah otak yang dimainkan oleh dua orang. Salah satu alat yang paling penting dan harus ada untuk memainkan olahraga asah otak ini adalah papan catur. Olahraga salah satu ini sangat unik tergolong unik karena para pemainnya tidak perlu mencucurkan keringat. Kedua pemain hanya perlu duduk dan mengatur strategi untuk menjalankan bidak yang berada di papan catur. Bidak di papan catur meliputi, raja, ratu, menteri, kuda, benteng, dan pion atau prajurit. Untuk lebih mengerti mengenai strategi bermain catur, berikut cara bermain catur untuk pemula seperti dikutip dari Chess.com: Cara bermain catur pemula
1. Mengatur papan catur Permainan catur diawali dengan membentangkan papan sehingga ada petak berwarna putih (atau terang) pada sisi kanan bawah tiap pemain. Bidak catur kemudian diatur dengan cara yang selalu sama. Baris terdepan diisi pion. Sedangkan baris belakang, diisi para perwira hingga raja. Pada baris belakang atau pertama, kedua benteng diletakkan di sudut, lalu kedua kuda di sampingnya, diikuti kedua menteri (menteri putih pada petak putih, menteri hitam pada petak hitam), dan terakhir ada ratu dan raja pada petak yang tersisa. Posisi raja selalu berada di warna petak yang berlawanan. Misal raja putih maka diletakkan di petak hitam, begitu sebaliknya.
2. Mengetahui cara bidak catur bergerak Masing-masing dari 6 jenis buah catur melangkah dengan cara yang berbeda. Buah catur tidak dapat melangkah melewati buah lainnya (kecuali kuda yang dapat melompati buah lainnya), dan tidak pernah dapat menempati petak yang telah ditempati salah satu buahnya sendiri. Namun, buah catur dapat dilangkahkan untuk menempati petak yang ditempati buah lawannya, yang kemudian akan dipukul atau dimakan. Buah catur umumnya dilangkahkan ke petak tempatnya dapat memukul buah lain (dengan menempatkannya di petak tersebut lalu menggantikannya), melindungi buahnya sendiri saat akan dipukul, atau menguasai petak-petak penting dalam permainan. Berikut cara melangkahkan bidak catur:
Raja (King) Raja dalam catur ini bentuknya tertinggi dari bidak catur lainnya. Raja bisa bergerak kemana saja, baik itu ke kanan-kiri, depan-belakang, diagonal-vertikal dan juga hitam-putih. Namun, raja hanya bisa bergerak satu langkah saja.
Ratu (Queen) atau Menteri Ada raja tentu ada ratu, queen bisa bergerak bebas kemana saja, maju, mundur, ke samping, atau secara diagonal sejauh mungkin selama tidak melewati buahnya sendiri. Akan tetapi, ratu tidak bisa bergerak huruf L seperti kuda. Selain dikenal ratu, bidak yang satu ini juga disebut dengan menteri. Kebanyakan para pemain catur mengandalkan bidak ini untuk menghabisi bidak lawan.
Gajah (Bishop) Kalau gajah atau bishop ini bisa bergerak secara diagonal dan bebas mau berapa langkah pun. Tiap menteri mulai dengan satu warna (hitam atau putih) dan harus selalu berada dalam warna tersebut. Dua menteri dapat bekerja sama dengan baik karena saling menutupi kekurangan masing-masing.
Kuda (Knight) Kalau kuda ini punya langkah yang lebih menarik dan tidak seperti bidak lainnya. Langkah kuda ini hanya bisa bergerak seperti huruf L. Yang artinya kuda bisa bergerak maju dua petak lurus, kemudian dilanjutkan dengan satu petak ke kanan atau ke kiri. Bedanya lagi, meskipun ada beberapa bidak catur yang menghalangi kuda di depannya, kuda masih bisa melangkahinya dengan leluasa asalkan sesuai jalan seperti huruf L.
Benteng (Rook) Benteng dapat melangkah sejauh yang diinginkannya, tetapi hanya maju, mundur, dan ke samping. Benteng adalah perwira yang sangat kuat terutama apabila keduanya saling melindungi dan bekerja sama! Cara berjalan benteng tidak bisa secara diagonal seperti yang dilakukan oleh menteri/bishop.
Pion atau prajurit (Pawn) Pion adalah bidak yang unik, karena bergerak dan memukul dengan cara yang berbeda. Pion melangkah ke depan, tetapi memukul bidak lawan secara diagonal. Pion hanya dapat melangkah satu petak ke depan, kecuali pada langkah pertama yang dapat melangkah ke depan dua petak. Selain itu, ada kelebihan dari pion ini. Bidak satu ini bisa ditukar dengan bidak yang telah dimakan oleh lawan.
3. Strategi dasar catur . Tips dalam bermain catur yang pertama tentu saja mengatur strategi. Tanpa strategi kita tidak akan tahun mau mengarahkan bidak catur. Ada empat hal sederhana yang harus diketahui setiap pemain catur: Lindungi raja Tempatkan raja Anda ke sudut papan yang biasanya lebih aman. Jangan menunda rokade (gerakan khusus dalam catur yang melibatkan raja dan benteng dengan warna yang sama). Anda biasanya harus rokade secepat mungkin. Ingat, betapa pun Anda hampir menskakmat lawan, tak akan berarti jika Anda yang diskakmat duluan! Jangan menyerahkan buah catur begitu saja Jangan sampai ceroboh dan kehilangan buah catur Anda! Tiap buah catur berharga dan Anda tak dapat memenangi permainan tanpa buah-buah catur untuk skakmat. Kuasai pusat papan Anda harus berusaha mengendalikan pusat papan dengan perwira dan pion. Dengan mengendalikan pusat, Anda akan lebih leluasa dalam melangkahkan bidak Anda dan akan mempersulit lawan menemukan petak yang baik untuk bidaknya.
4. Berlatihlah dengan banyak bermain Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah banyak-banyak bermain catur! Tak masalah apakah Anda bermain di rumah dengan teman atau keluarga, atau bermain online, Anda harus banyak bermain untuk dapat berkembang. Zaman sekarang mudah sekali menemukan permainan catur daring (online). Para pecatur online bisa melawan bot/komputer maupun pecatur lainnya.

BACA JUGA  Mudik Resmi Dilarang, Ini Penjelasan Lengkap Menteri BKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *