counter

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM Tahun 2021

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau populer dengan sebut BLT UMKM akan digulirkan kembali mulai Maret 2021. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani, seperti dikutip Jumat (4/3/2021).

Nah, untuk para pelaku usaha UMKM yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah bisa langsung mendaftarkan diri ke instansi terkait dan bisa juga dengan cara daftar BLT UMKM secara Online melalui website resmi pemerintah berikut ini.
“Untuk tahun 2021 ini sebesar Rp 1,2 juta. Sebelumnya di 2021 belum ada rencana tersebut, ini baru diputuskan pemerintah untuk dapat tambahan program di 2021 bagi UMKM,” ujar Askolani.

Dilansir dari laman Kabartegal (25/02/2021) daftar BLT UMKM Online di tahun 2021 ini masih bisa dicoba melalui link berikut ini www.depkop.go.id.Setelah masuk website tersebut, pendaftar bisa mengisi beberapa kolom di form pendaftaran UMKM Online. Walaupun seperti itu, perlu diketahui bahwa pendaftaran dan pendataan data UMKM ini merupakan bagian dari Bantuan Wirausaha Pemula.

Bantuan Wirausaha Pemula ini adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19. Adapun besaran BLT UMKM yang diusulkan Kemenkop UKM pada 2021 adalah Rp 2,4 juta. Cara Daftar BLT UMKM Online
Bagi yang belum mendaftarkan usaha bisa mengikuti cara daftar UMKM online 2021 gratis di bawah ini:

1.Buka laman https://oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil
2.Login di OSS v1.1 melalui (https://oss.go.id) dengan menggunakan akun yang telah dimiliki.
3.Klik tombol Perizinan Berusaha -> klik Perseorangan -> kemudian pilih:
4.Untuk skala usaha Mikro -> klik tombol Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Mikro.
5.Untuk skala usaha Kecil -> klik tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil

BACA JUGA  Julukan Baru Pemilik Tesla "Technoking of Tesla"

Syarat Daftar BLT UMKM Online
Sebelum pada pendaftar mengakses website ini www.depkop.go.id, ada persyaratan yang harus diketahui agar proses pendaftarannya bisa langsung diterima

– Warga Negara Indonesia (WNI)
– Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
– Memiliki usaha mikro yang sedang dijalankan
– Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
– Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
– Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)
Nantinya, para pelaku usaha mikro yang mendaftar untuk mendapatkan BLT UMKM akan diverifikasi terlebih dahulu data-datanya dan jika dinyatakan lolos, maka akan mendapatkan bantuan senilai Rp 2,4 Juta. Pemberitahuan lolos sebagai penerima BLT UMKM itu berupa SMS dari bank penyalur (Bank BNI, BRI, Mandiri).

Setelah mendapatkan SMS berupa pemberitahuan lolos, maka pendaftar harus langsung melakukan verifikasi data ke bank penyalur. Nah baru setelah itu dana bantuannya bisa dicairkan untuk digunakan operasional usaha mikronya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *